Berusaha untuk menjadi yang Lebih baik dari yang Terbaik . ";Muhammad Nur Fauzi;"

Kamis, 02 Februari 2017

Langkah-Langkah Menginstal Linux Mint 17.3

LAPORAN PRAKERIN BLC TELKOM – KPLI KLATEN
Jl. Srigading No.7 Tonggalan, Klaten tengah, Klaten
Kode Pos. 57421




disusun oleh:
Nama:Muhammad nur fauzi
Kelas:XI TKJ
Nis :16248
SMK BINA PATRIA 1 SUKOHARJO
Jl. Wandyopranoto No 39
Sukoharjo
Tahun Ajaran 2016/2017
PROGRAM TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
 Langkah-langkah Menginstal Linux Mint 17.3

Assalamulaikum,WR.WB

   hari ini adalah hari pertama saya Prakerin di BLC. Langkah pertama saya disini adalah Mengintal OS(operation System) Linux Mint 17.3 pada PC saya yang sebelumnya adalah OS Windows 10. Dan sekarang saya ingin membagikan bagaimana cara menginstal OS pada PC anda, Silahkan di simak dan di baca Artikel berikut ini :

Pengertian.
     
Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.
Distribusi ini dibuat oleh Clement Lefebvre, dan dikembangkan secara aktif oleh tim dari Linux Mint maupun komunitas yang ada di dalamnya.

Latar Belakang.
     Saya membuat tulisan ini karena saya ingin membagikan sedikit Ilmu saya yg berhasil saya peroleh dari pengalaman saya sendiri.

Tujuan.
     Tujuan saya yaitu, ingin membagikan ilmu saya di BLC ini.
Alat dan Bahan.
1.Laptop
2.Flashdisk(boottable linux mint)
Langkah-Langkah:
1.Kita masukan laptop kita ke bios terlebih dahulu dengan menekan tombol "Delete,F10,atauF12" itu tergantung jenis perangkat yang anda gunakan
 2.Tentukan Booting pertama dengan menggunakan flashdisk.
 3.Setelah save & exit (f10) lalu akan masuk homescreen penginstalan linux mint seperti gambar dibawah ini
4.setelah itu pilih "instal linux mint"
5. Kemudian akan tampil dilayar pilihan bahasa yang anda inginkan saat install linux mint, silakan pilih sesuai keinginan anda, kemudian klik Continue


6.Pastikan PC anda dapat membaca saluran Hotspot/wifi. setelah itu continue

7.Pada tahap ini silahkan pilih type installasi yang anda inginkan, disini silahkan pilih "Something else" lalu klik "Install Now"
8. Selanjutkan kita akan membuat partisi.pertama kita buat partisi root nya. klik ikon + untuk membuat partisi, kemudian isikan seberapa banyak kapasitas harddisk yang teman-teman inginkan, untuk type for the new partition pilih primary, location for the new partition pilih Beginning of this space, use us pilih Ext4 journaling file system, mount point pilih "/". kemudian klik OK.


9.Untuk Swap Area dua kali RAM PC kita




10. Kemudian klik "Install Now".
11. Tampil pemberitahuan dilayar, silakan klik ''Continue" untuk melanjutkan.


12. Selanjutkan pilih kota, kemudian klik ''Continue".


13.Pilih jenis keyboard yang akan digunakan disini saya menggunakan english

14. Pada tahap ini isikan nama user, nama komputer, dan password, kemudian klik Continue

15.Kemudian os akan melakukan proses copying file ke komputer,membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dan tunggu hingga selesai

 16.Setelah selesia pilih restart now

17.lalu pc kita akan restart dan masukan password yang dibuat tadi

18.hasilnya
 19.Selesai. 
Sekian Tutorial cara menginstal OS Linux Mint 17.3 pada PC. Bila ada salah kata atau salah langkah saya mohon maaf sebesar-besarnya... :D

Wassalamualaikum.WR,WB
0

0 komentar:

Posting Komentar